Selasa, 21 Februari 2012

Seminar "EASY MARKETING" ; Marketing Itu Mudah (?)

Thursday

9:00am until 12:00pm
Sengaja Kami menggunakan istilah ‘Easy Marketing’, bukan bermaksud menganggap marketing adalah hal ’sepele’. Marketing menjadi pilar penting dalam usaha/bisnis. Bagaimana membuat rencana dan budget pemasaran, menentukan media pemasaran apa yang akan digunakan, bagaimana menentukan konten dari marketing tools yang dibuat, bagaimana menentukan target dan segmentasi pasar, bagaimana cara melakukan penetrasi pasar yang efektif, bagaimana melakukan positioning dan edukasi pasar, bagaimana menciptakan inovasi-inovasi baru pemasaran, bagaimana menganalisa perubahan perilaku pasar, bagaimana menciptakan unique selling propositions, bagaimana menentukan strategi untuk mendapatkan new customers dan mempertahankan existing customers, bagaimana strategi menciptakan loyal customers, bagaimana mengukur efektifitas dari setiap strategi pemasaran yang dijalankan, bagaimana menyusun strategi memenangkan persaingan pasar dan lain-lain, itu semua menjadi “PR” bagian Marketing.

Dengan gambaran pekerjaan Marketing tersebut diatas tentu saja tidak bisa dikatakan bahwa marketing itu mudah. Padahal keberhasilan produk/jasa anda bisa direspons positif oleh pasar sangat bergantung pada Strategi Marketing yang anda jalankan.Jika anda berpikir hal itu sulit, maka anda menjadi tidak bergerak untuk melakukannya. Karena itu kami memilih istilah ‘Easy Marketing’ agar yang terbayang bukan kesulitan-kesulitan dalam pemasaran.

Dari pengalaman kami melakukan business coaching pada lebih dari 300 perusahaan dengan jenis usaha/bisnis yang beragam, kami menemukan ada 2 (dua) hal esensi dalam pemasaran. Pemasaran adalah tentang Komunikasi dan Edukasi. Keberhasilan pemasaran tergantung dari seberapa efektif anda dalam mengkomunikasikan manfaat dan keunggulan produk/jasa anda kepada customers. Respons positif pasar terhadap produk/jasa anda juga sangat dipengaruhi oleh keberhasilan anda dalam mengedukasi pasar. Keberhasilan pemasaran terjadi ketika komunikasi dan edukasi bertemu di satu titik ordinat yang sama. Sederhananya, pemasaran anda berhasil jika anda mampu melakukan edukasi pasar dan mampu mengkomunikasikan manfaat dan keunggulan produk anda dengan baik.

Pertanyaannya, apakah anda telah melakukan komunikasi dan edukasi pasar dengan baik?

Yang saya maksud dengan ‘komunikasi dan edukasi pasar dengan baik’ adalah komunikasi dan edukasi yang tepat, terarah dan terukur. Sebab banyak pelaku bisnis yang menjalankan strategi pemasaran dengan cara ‘membabi-buta’. Mereka sebar brosur dimana-mana, pasang spanduk, bikin website, membuat merchandise, menawarkan paket bundling, memberikan diskon, free trial, pasang billboard, beriklan di radio, koran atau televisi, mengadakan expo, menjadi sponsor pada even-even tertentu, dan lain-lain. Tentu saja upaya pemasaran tersebut tidak salah. Dikatakan ‘membabi-buta’ karena dari pengamatan kami selama ini, banyak pelaku bisnis yang melakukan upaya pemasaran seperti disebutkan tadi tanpa memedulikan tepat sasaran atau tidak, strategi pemasaran yang dijalankan sudah terarah pada segmentasi yang jelas atau tidak, dan apakah setiap strategi yang dijalankan telah dihitung dan diukur secara cermat. INI YANG SERING DILUPAKAN para pelaku bisnis.

Bagi perusahaan yang memiliki ketersediaan dana tak terbatas untuk marketing, mungkin mereka bisa menutup mata. Tapi akan bertahan seberapa lama dengan kondisi seperti itu. Apalagi bagi Usaha Kecil-Menengah (SME/small-medium enterprise) yang rata-rata tidak memiliki budget pemasaran yang besar, tentu saja cara pemasaran ‘membabi-buta’ seperti itu sangat merugikan.Untuk itu penting untuk mempertanyakan kembali apakah strategi pemasaran yang dijalankan sudah tepat, terarah dan terukur?

========================================================

Formula Bisnis Indonesia - For Better Indonesia, mengadakan seminar ‘EASY MARKETING’.

Dalam seminar ‘EASY MARKETING’ (3 hours seminar) akan membahas tentang bagaimana melakukan komunikasi dan edukasi yang baik, bagaimana memilih strategi pemasaran ‘zero budget’ tetapi memiliki impact yang luarbiasa, bagaima agar pemasaran yang dilakukan tepat sasaran, dan bagaimana mengukur efektifitas strategi pemasaran yang dijalankan.

DAFTARKAN DIRI ANDA SEKARANG JUGA!
Seminar ‘EASY MARKETING’
di Hotel NOVOTEL Manggadua Square, Jakarta
23 Februari 2012, jam 09.00 sd 12.00wib.

Daftar untuk 1 orang Rp. 500.000,- ; Daftar untuk 2 orang Rp.750.000,-

Informasi dan pendaftaran hubungi Formula Bisnis Indonesia di 021 583 583 33,
atau hubungi 085 8822 8822 8 (Sisca), 085 648 072 509 (Philipus).

Formula Bisnis Indonesia (FBI) - For Better Indonesia adalah sebuah lembaga pelatihan bisnis (business coaching) yang telah berhasil membantu menaikkan performa bisnis dari para pelaku usaha secara signifikan melalui coaching. FBI telah melakukan coaching pada lebih dari 300 perusahaan dari berbagai jenis usaha antara lain : Manufaktur, Garmen, Konveksi, Asuransi, Telekomunikasi, IT & Solutions, Gymnasium, Restoran, Jasa Ekspedisi, Majalah, TV Cable, Architect, Design Interior, Fotografi, Clothing, Bengkel, Peternakan, Makanan & Minuman, Jamu, General Trading, dan lain-lain.

http://nlpbusinesscoach.com/ - http://formulabisnisindonesia.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar